Menjelang Praktik di Lapangan, Mahasiswa STIKes Mahardika Ucap Janji

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mahardika menggelar Angkat Janji Mahasiswa Program Studi (Prodi) Kebidanan, dan Ucap Janji Kepaniteraan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Kamis, 29 Juli 2021.

Kegiatan ini bertempat di Ruang Auditorium Kemuning Kampus STIKes Mahardika, dengan menggunakan sistem online menghadirkan perwakilan mahasiswa.

Ketua Program Studi Kebidanan STIKes Mahardika, Rosalia Rahayu., S.ST., M.Kes mengatakan, angkat janji mahasiswa prodi kebidanan ini dilakukan sebelum mahasiswa turun praktik ke lapangan, baik itu di Rumah Sakit maupun di Puskesmas.

Saat praktik nantinya mereka akan bertemu dengan masyarakat atau pasien sehingga perlu mengetahui kode etik, tentang boleh dan tidaknya sesuai dengan kewenangan profesi bidan.

“Mahasiswa yang ikut adalah mereka mahasiswa semester 2,” kata Rosalia.

Rosalia menambahkan rencananya mereka mahasiswa Prodi Kebidanan akan mulai turun praktik pada bulan Agustus 2021 nanti, jika situasinya memungkinkan untuk diizinkan karena masih pandemi Covid-19.

“Adapun yang praktek sendiri itu berjumlah 7 orang mahasiswa kebidanan, dan mereka akan praktik kurang lebih dalam waktu 2 minggu kedepan”

“Mereka tidak hanya praktik asuhan dasar kebidanan saja, nantinya mereka juga akan membuat laporan hasil praktik,” tambahnya.

Rosalia berharap dengan adanya praktik ini para mahasiswa dapat kompeten, bisa menerapkan teori yang di dapat dari kampus, kemudian menerapkan semua kompetensi yang dimiliki saat praktik.

Sementara itu, Ketua Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan STIKes Mahardika Cirebon, Sri Nurcahyati, SKM., M.Epid mengatakan, sumpah Kepaniteraan adalah ucap janji yang melapalkan janji kode etik rekam medis, sebelum melakukan praktik di lapangan.

“Ini sebagai janji bahwa mereka akan menjaga nama baik, sarana prasarana, menghormati pembimbing, baik pembimbing di tempat praktik dan pembimbing di akademik,”ungkap Sri.

Sri menambahkan adapun praktik sendiri akan dilaksanakan bulan Agustus 2021, mereka akan melaksanakan praktik di puskesmas dan rumah sakit baik di wilayah Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, dan wilayah Kabupaten Kuningan.

“Untuk mahasiswa Rekam Medis ini ada 49 mahasiswa, saya berharap dengan adanya kegiatan praktik ini mahasiswa nantinya dapat menjalankannya dengan baik, sebagai bekal pengalaman bekerja nantinya ketika mereka lulus,”harap Sri.

Share in :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *